Zaman sudah berubah. Sudah semestinya, setiap pelaku usaha menyesuaikan diri dengan keadaan. Termasuk dalam merancang strategi promosi. Jika tidak, jangan menyesal bila akhirnya usahanya merugi.
Ada beberapa alasan penting mengapa beralih ke strategi digital itu penting. Kami merangkumnya dalam tiga poin.
- Dengan digitalisasi, promosi bisa memiliki jangkauan lebih luas.
- Secara hitung-hitungan biaya, promosi digital jauh lebih murah ketimbang cara-cara konvensional.
- Perilaku konsumen sudah berubah, mereka sangat akrab dengan belanja online. Bahkan, dalam beberapa produk mereka lebih senang membeli secara online ketimbang offline.
Dengan tiga alasan di atas, rasa-rasanya semua harus pelaku usaha tak bisa menganggap remeh promosi dengan cara baru ini. Kecuali, jika sudah siap usahanya bangkrut

Pentingnya promosi digital tidak dapat diabaikan dalam era modern ini. Dengan semakin meluasnya penetrasi internet, promosi digital menjadi jembatan vital untuk mencapai audiens yang lebih luas. Dengan menggunakan platform online, perusahaan dapat membangun citra merek, meningkatkan visibilitas, dan menghasilkan interaksi yang lebih intens dengan konsumen. Promosi digital juga memberikan keunggulan dalam mengukur hasil kampanye dengan data analitik yang akurat. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan strategi promosi mereka dengan cepat dan efektif. Dalam pemandangan bisnis saat ini, investasi dalam promosi digital adalah langkah cerdas untuk mencapai kesuksesan dan membangun keberlanjutan perusahaan.
Digital marketing saat ini menjadi solusi jitu yang dilakukan para pelaku usaha dalam memperkenalkan dan memasarkan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM), di mana memiliki kecepatan dalam penyebaran informasi, kemudahan dalam mengontrol dan mengevaluasi, jaringan luas, efektif dan efisien.
Sudah banyak UMKM gulung tikar karena tergerus dengan zaman di mana teknologi sudah menguasai semua bisnis. Hanya UMKM yang bisa beradaptasi dengan teknologi yang dapat terus maju dan melebarkan sayap bisnisnya.
UMKM yang tidak bisa beradaptasi, akan sirna. Oleh sebab itu, para pelaku usaha dalam hal ini UMKM harus menyesuaikan dengan keadaan dan kondisi saat ini di mana teknologi sudah luar biasa maju dan menguasai di segala lini bisnis di Tanah Air.
Jika UMKM tidak bisa mengikuti perkembangan ini, sudah dipastikan akan menghambat perkembangan bisnis UMKM di Indonesia khususnya di Provinsi Lampung.
Ada beberapa aset yang harus diketahui pelaku usaha dalam digital marketing yaitu memiliki website pribadi khusus usaha, memiliki postingan blog, memiliki akun media sosial berupa Instagram, facebook, Tiktok, memiliki brand berupa logo dan profil perusahaan, dan harus memiliki jejak online review dari konsumen dan komentar dari konsumen.
Dalam hal digital marketing dengan media sosial, pelaku usaha sebaiknya:
Membuat akun media sosial untuk usaha yang terpisah dari akun pribadi;
Membuat nama akun yang sederhana, mudah diingat, menjelaskan tentang usahanya, dan memiliki nama yang sama dengan platform media sosial lain yang digunakan;
Usahakan setiap posting selalu berkaitan dengan usaha;
Buatlah tanda pagar (hashtag) unik yang mencirikan usaha kita dan gunakan itu di setiap postingan.
Jawab segala pertanyaan yang ditanyakan oleh follower untuk menandakan bahwa akun aktif.
Promosi memang sangat penting untuk dilakukan karena tanpa promosi konsumen akan susah menemukan produk yang kita jual. Promosi menjadi salah satu sarana agar apa yang kita jual dikenal oleh konsumen. Sebagai seorang penjual tentunya promosi menjadi hal yang wajib, sebagai penjual juga harus rajin membuat promosi supaya produk yang kita jual dapat diketahui dan dibeli oleh konsumen. Promosi juga dapat menarik perhatian pembeli untuk membeli produk yang kita jual.
Promosi penjualan adalah investasi penting bagi bisnis untuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, dan memaksimalkan potensi bisnis.
Meningkatkan Kesadaran Merek: Promosi memperkenalkan produk yang dapat mendorong minat konsumen.
Meningkatkan Penjualan: Penawaran menarik, diskon, dan program loyalitas dapat menarik pembeli baru dan mendorong pembelian berulang dari pelanggan setia.
Memaksimalkan Potensi Bisnis: Promosi yang efektif membantu bisnis mencapai target, memaksimalkan potensi dan mencapai kesuksesan jangka panjang.
Dalam era digital ini, pengguna lebih mudah mencari informasi melalui internet. Jadi pada dasarnya, digital marketing membantu agar produk dapat diketahui lebih banyak orang dan nantinya akan melakukan pembelian. Melalui digital marketing ini juga, bisnis dapat membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen.